Dalam buku Quantum Teaching dijelaskan tentang karakteristik belajar seseorang atau gaya belajar seseorang. Dalam buku tersebut diuraikan bahwa siswa memiliki tiga tipe belajar atau kombinasi dari ketiganya yaitu tipe visual, tipe auditorial dan kinestetik. Ketiga tipe ini memiliki ciri khas dan penanganan khusus pula.
Adapun ketiga tipe belajar tersebut adalah sebagai berikut:
a. Gaya belajar tipe visual
Belajar tipe visual merupakan gaya belajar yang dominan mengandalkan visual. Ia memiliki ciri seperti: berbicara dengan cepat, pengeja yang baik, teliti terhadap yang detail, pembaca cepat
dan tekun, lebih suka membaca ketimbang dibacakan, mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar, pelupa dalam menyampaikan pesan verbal, sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat, senang terhadap seni daripada musik, sukar atau tidak pandai memilih kata-kata ketika berbicara, senang memperhatikan melalui demonstrasi daripada ceramah, pembawaannya rapi dan teratur, suka mengantuk bila mendengarkan penjelasan yang panjang lebar.
Adapun Penanganan belajarnya adalah dengan menggunakan kombinasi peraga visual, gambar atau simbol-simbol. Sehingga masalah-masalah tersebut bisa diminimalisir.
b. Gaya belajar tipe auditorial
Belajar tipe auditorial merupakan gaya belajar yang dominan mengandalkan auditorial atau pendengaran. Ia memiliki ciri seperti: berbicara dengan diri sendiri, pandai dalam menyampaikan pesan verbal, dapat mengulangi dan meniru nada, birama atau warna suara tertentu ketika bercerita, memiliki kesulitan ketika menulis tapi pandai bercerita dan fasih ketika berbicara, senang berdiskusi, berbicara dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar, lebih senang musik dari pada seni yang melibatkan visual.
Adapun Penanganan belajarnya adalah sering diajak diskusi atau menyampaikan sesuatu atau pendapatnya mengenai pelajaran.
c. Gaya belajar tipe kinestetik
Belajar tipe kinestetik merupakan gaya belajar yang dominan praktek atau eksperimen atau yang dapat diujicoba sendiri. Ia memiliki ciri seperti: berbicaranya dengan perlahan dan cermat,
berorientasi pada fisik dan banyak gerak, mengahafal sambil berjalan dan melihat, belajar melalui manipulasi atau praktik, senang berkreasi, tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama,
tertantang dengan suatu aktivitas yang menyibukkan dan selalu ingin mencoba atau bereksperimen sendiri.
Adapun Penanganan belajarnya sering dibantu dengan melibatkan mereka dalam belajar secara langsung atau praktik.
Khusus untuk tipe ini biasanya prestasi mereka di bawah rerata dan kompensasinya biasanya mereka agak sedikit sebagai pembuat keributan tetapi mereka menonjol di bidang seni/art,
olahraga atau keterampilan.
ADS HERE !!!