Corpotare Social Responsibility merupakan konsep perusahaan memutuskan secara sukarela untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan lebih baik dan lingkungan yang lebih lestari. Perusahaan harus lebih bijak dalam menyikapi masalah tersebut, karena bagaimanapun juga konsep Corpotare Social Responsibilitydapat memberikan suatu manfaat bagi perusahaan.
Secara garis besar, terdapat dua kelompok manfaat yang dirasakan perusahaan apabila melaksanakan Corpotare Social Responsibility:
1. Reward Financial bagi perusahaan
2. Reward Non Financial bagi perusahaan
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqt0GZu4kespHTBfY0EPQE1xPtkLtfKMslPxn9FlvcSq4BMxZlckh1KOYoC3Muq3EvfVPyCoDvyfNsmt97kNypSSTcCGUsBUYz0pkPMf8fAT67p5sqPg7WbjuwFuscFVELmwd1MwUgwlmu/s1600/manfaat+csr.jpg) |
Corporate Social Responsibility |
Adapun penjelasan masing-masing manfaat corporate social responsibility adalah:
1. Reward Financial bagi Perusahaan
Meski hubungan incremental capital-output ratio untuk setiap rupiah yang dikeluarkan untuk investasi Corpotare Social Responsibility belum bias dibuat baku, tetapi keterlibatan perusahaan dalam inisiatif CSR di era sekarang ini tidak akan sia-sia oleh karena reward financial yang akan dinikmati, berupa :
- Menurunkan biaya operasional perusahaan
- Meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar
- Menarik calon investor
- Pertumbuhan nilai saham yang signifikan
- Membuat kesejahteraan karyawan lebih baik
- Mencegah risiko dan dampak sosial
- Mencegah risiko dan dampak alam
2. Reward Non financial bagi perusahaan
Reward non financial bertendensi adanya pergerakan Corpotare Social Responsibility dari suatu perusahaan yang menghasilkan, tidak berbentuk uang tetapi berbentuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas perusah aan tersebut secara kualitatif, dan tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri. Inti reward dari pelaksanaan Corpotare Social Responsibility bersifat non financial bagi perusahaan adalah “memperkuat reputasi perusahaan”.
ADS HERE !!!